Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis – Berdasarkan fungsinya terbagi ke dalam tiga jenis yaitu melodis, ritmis dan harmonis. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang alat musik harmonis.

Setiap jenis alat musik biasanya memiliki fungsi, karakter dan bunyi yang menjadi suatu ciri khas tersendiri dari alat tersebut. Sehingga akhirnya memberi sebuah warna yang cukup berbeda dalam dunia hiburan musik.

Alat musik biasanya dibagi menjadi beberapa jenis kategori, di antaranya berdasarkan dari fungsi, cara memainkan serta asal sumber bunyi yang dikeluarkan dari alat musik tersebut.

Perbedaan Alat Musik Harmonis, Melodis dan Ritmis

perbedaan alat musik harmonis dan melodis
  • Alat musik melodis

Sesuai darinamanya , alat musik yang mempunyai fungsi melodis dapat berperan untuk dapat menciptakan melodi pada sebuah lagu. Ada banyak jenis alat musik ketika dimainkan yang fungsinya dapat menghasilkan melodi.

Cara untuk memainkannya juga banyak ragamnya, ada yang dimainkan deangan cara dipetik, di tiup, ditekan, digesek, dan lainnya. Contoh beberapa alat musik yang dapat berfungsi sebagai melodis adalah pianika, keyboard, harmonika, saksofon, biola dan masih cukup banyak lagi.

  • Alat musik harmonis

Sesuai juga dengan namanya, alat ini memiliki fungsi yang harmonis berperan untuk dapat menciptakan harmoni pada sebuah lagu. Ada berbagai macam jenis alat musik yang fungsinya dapat menghasilkan suara yang harmoni.

Cara memainkannya juga beraneka ragam. Contoh alat yang memiliki fungsi suara yang harmonis adalah gitar, keyboard, piano, harpa, dan cukup banyak lagi untuk disebutkan.

  • Alat musik ritmis

Sesuai juga dengan namanya, alat musik jenis ini memiliki fungsi ritmis berperan aktif untuk mengiringi waktu pada sebuah lagu ketika dimainkan. Ada banyak sekali jenis alat musik yang dapat berfungsi untuk menghasilkan sebuah ritme.

Cara ketika memainkannya pun beragam. Contohnya alat musik yang dapat memiliki fungsi tempo ritmis adalah tamborin, gendang, drum, ketipung, dan banyak lagi.

Perbedaan yang paling utama dari ketiga jenis alat ini memang terdapat pada fungsinya. Pada umumnya, alat musik melodis hanya dapat dimainkan pada salah satu jenis nada saja.

Sedangkan pada alat musik jenis harmonis dapat dimainkan pada waktu bersamaan atau nadanya dapat muncul bersamaan ketika dimainkan.

Pada alat musik jenis ritmis biasanya untuk nada tetap atau tidak bernada. Karena gunanya hanya pada waktu mengatur tempo sebuah lagu.

Baca juga : Standar Ukuran ID Card Yang Bisa Dipilih

Apa Yang Dimaksud Dengan Alat Musik Harmonis?

Harmoni sendiri merupakan gabungan dari beberapa nada yang jika dimainkan secara bersamaan dapat menjadi satu kesatuan alunan musik yang pas.

Jadi yang dimaksud dengan alat musik harmonis adalah alat musik yang dapat menghasilkan harmoni. Artinya alat musik tersebut dapat menghasilkan lebih dari tiga nada sekaligus.

Ada banyak contoh alat yang dapat menghasilkan lebih dari tiga nada sekaligus atau merupakan alat musik harmonis. Berikut kami akan berikan contoh – contohnya untuk Anda!

Contoh Alat Musik Harmonis Sesuai Cara Memainkannya

Alat musik gitar

Alat musik ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu alat musik tradisional dan alat musik modern. Alat musik berjenis harmonis yang tergolong ke dalam jenis alat musik modern di antaranya :

Dimainkan Dengan Cara Dipetik

  • Alat musik gitar

Gitar merupakan alat musik dengan cara memainkan dengan cara dipetik. Gitar juga termasuk ke dalam musik berjenis dawai yang memiliki jumlah senar 6 buah. Jenis gitar ada tiga yaitu gitar tradisional, gitar akustik dan gitar elektrik.

Untuk gitar tradisional biasanya badan gitar dibuat menggunakan bahan kayu, sementara senar gitar terbuat dari bahan baja atau nilon. Sementara untuk jenis gitar modern, gitar akustik dipetik tanpa menggunakan tambahan alat.

Sementara gitar elektrik cara memainkannya dengan dipasang ke bagian jack output dan amplifier agar bisa menghasilkan suara yang berbeda.

Biasanya gitar digunakan sebagai pengiring musik pop dan digunakan juga dalam mengiringi beragam genre musik seperti musik jazz, musik reggae, musik metal, musik country dan sebagainya.

  • Alat musik harpa

Selanjutnya ada alat musik harmonis bernama harpa. Alat musik ini dimainkan dapat dengan dipetik. Umumnya harpa berwarna emas dengan bentuk lumayan tinggi.

Harpa sendiri merupakan alat musik yang terdiri atas tiga bagian yaitu papan suara, papan leher dan senar. Untuk bisa menghasilkan nada, harpa memiliki banyak senar dan biasanya sering digunakan dalam pertunjukan orchestra.

Sebagian besar pemain harpa memainkan alat musik ini menggunakan jari tangan. Akan tetapi beberapa orang menggunakannya bersamaan dengan jari kaki dan tangan.

  • Alat musik gambus
gambus

Gambus adalah suatu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Riau. Gambus dimainkan dengan cara dipetik. Sampai saat ini banyak warga negara Indonesia yang menganggap gambus berasal dari Arab, akan tetapi sebenarnya gambus merupakan adaptasi alat musik Arab yang dikenal sebagai, alat musik Al’ud.

Menurut kisah atau sejarahnya, alat musik gambus ini dahulunya dimainkan para nelayan sebagai penghibur ketika sedang mencari ikan di laut. Akan tetapi penggunaannya kini sudah semakin meluas dan dijadikan pengiring berbagai alat musik lainnya. Musik qasidah dan sholawat pun banyak diiringi dengan alat musik gambus.

Alat Musk Tradisional Yang Dimainkan Dengan Cara Dipetik

  • Alat musik sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional harmonis Indonesia dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Alat ini tepat berasal dari Rote. Sasando termasuk golongan dawai yang cara mainnya bisa dengan dipetik.

Alat musik NTT ini dibuat menggunakan bahan berupa bambu. Bagian utamanya terbuat dari bambu yang memiliki bantalan kayu dibentuk melingkar dari arah atas ke bawah sebagai tempat penyangga senar.

Senar yang digunakan sebagai suara sasando berjumlah 28 sampai dengan 58 buah senar. Senar pada alat musik sasando seringkali dibuat dengan memanfaatkan bahan sintetis.

  • Alat musik sampek

Alat musik sampek merupakan alat musik khas Indonesia yang diperkenalkan daerah Kalimantan. Sampek merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik pada bagian dawai.

Alat ini merupakan alat musik asli suku Dayak. Sampek terbuat dari bahan kayu yang diukir dan membentuk pola ukiran khas yang mencerminkan seni asli suku Dayak.

  • Alat musik kecapi

Alat musik berjenis dawai ini dimainkan seperti gitar yaitu dipetik. Kecapi hadir dengan tangga nada pentatonis yang artinya memiliki 5 buah tangga nada.

Kelima tangga nada pentatonis yang dimiliki alat musik kecapi di antaranya tangga nada Da, tangga nada Mi, tangga nada Na, tangga nada Ti dan tangga nada La.

Biasanya kecapi dimainkan berbarengan dengan seruling yang ditampilkan dalam berbagai pertunjukan.

  • Alat musik celempung

Celempung biasa hadir dalam acara pertunjukan gamelan khas Jawa. Alat ini biasanya cara memainkannya dengan dipetik. Celempung memiliki 11 senar yang dapat menghasilkan nada – nada yang bersuara indah.

Dimainkan Dengan Cara Digesek

  • Alat musik biola
Alat musik biola

Alat musik biola termasuk jenis alat musik harmonis dawai yang dimainkan dapat dengan digesek. Terdapat empat buah senar dari alat musik biola yang terdiri atas senar G, senar D, senar A dan senar E.

Penyetelan masing – masing senar berbeda dan nada terendah yang dihasilkan adalah bunyi nada yang dikeluarkan oleh senar G. Jenis biola sendiri banyak ragamnya di antaranya terdapat jenis biola kontra bass, alto, serta juga double bass.

Dibandingkan dengan jenis biola yang lain, kontra bass merupakan jenis alat musik biola yang menghasilkan nada paling tinggi.

  • Alat musik cello

Cello merupakan alat musik harmonis yang secara fisik dan cara memainkannya persis seperti biola. Hanya saja ukuran cello lebih besar kalau dibandingkan dengan biola.

Dibandingkan biola, nada yang dihasilkan lebih rendah. Alat musik yang satu ini sering dimainkan dalam berbagai pementasan musik klasik yang ditampilkan di benua Eropa.

Kalau Anda nonton pertunjukan musik klasik Eropa, pasti akan melihat keberadaan cello yang dimainkan di sana.

Dimainkan Dengan Cara Ditiup

  • Alat musik harmonika

Alat musik ini merupakan sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup. Harmonika memiliki sebuah lubang untuk hisap. Lubang untuk hisap ini fungsinya digunakan dalam menghasilkan suara. Harmonika dikategorikan sebagai alat musik China tradisional.

Namun di negara asalnya, harmonika tidak dikenal dengan sebutan harmonika melainkan lebih dikenal dengan sebutan alat musik ‘Sheng’. Alat musik yang satu ini biasa digunakan sebagai alat musik pendukung untuk genre musik pop, country, rock dan blues.

Dimainkan Dengan Cara Dipukul

  • Alat Musik Kolintang

Kolintang termasuk alat musik dengan cara main yaitu dipukul. Alat musik Sulawesi Utara ini dimainkan dengan dipukul memanfaatkan dua tongkat atau tiga tongkat sekaligus secara bersamaan.

Inilah keunikan dari alat musik kolintang karena sangat jarang ada alat musik dengan cara main dipukul bersamaan seperti ini.

Dimainkan Dengan Cara Ditekan

  • Alat musik keyboard

Cara memainkan alat musik keyboard sama persis dengan cara memainkan piano. Bagian atau komponen dari alat musik keyboard cukup banyak, terdiri atas :

  1. Style
  2. Voice
  3. Sequencer
  4. Speaker
  5. Monitor parameter
  6. Potensiometer
  7. Pitch
  8. Monulation
  9. Volume
  10. Multi track tombol

Jika piano tidak selalu butuh listrik, maka keyboard termasuk alat musik yang dimainkan hanya dengan memanfaatkan listrik. Nantinya suara yang dihasilkan keyboard dapat diatur baik diperbesar bisa juga diperkecil disesuaikan kebutuhan menggunakan bantuan listrik tersebut.

Dalam pengoperasiannya, keyboard memanfaatkan kabel sebagai adaptor walaupun beberapa jenis keyboard lain juga ada yang memanfaatkan baterai.

Penutup

Itulah berbagai jenis alat musik harmonis baik yang modern atau tradisional beserta contohnya yang dapat Tcash sampaikan. Sampai sekarang alat tersebut masih dipergunakan dalam berbagai acara pementasan atau pertunjukan, khususnya alat musik harmonis modern.

Baca juga : Cek Kuota Smartfren