Standar Ukuran ID Card Yang Bisa Dipilih

Standar Ukuran ID Card Yang Bisa Dipilih

Bagi Anda yang ingin membuat ID Card untuk berbagai keperluan, ada beberapa pilihan Standar ukuran ID Card Yang Bisa Dipilih untuk dapat Anda jadikan acuan ukuran pembuatan ID card baru.

Sesuai standarisasinya, di sini kami akan bagikan untuk Anda mengenai standar ukuran ID card tersebut. Standarnya sendiri antara di Indonesia dan di negara lain berbeda meskipun fungsinya tetap sama.

Berikut standarisasi dari ukuran ID card di berbagai negara yang Anda harus tahu.

Fungsi ID card

Fungsi ID Card & Standar Ukuran ID Card yang Bisa Dipilih

Sebelum kita membahas tentang standarisasi ukuran ID card, terlebih dahulu kita akan membahas fungsinya. Jadi, ID card menjadi komponen penting yang memuat informasi tentang data diri seseorang karena fungsi utamanya sebagai tanda pengenal.

Dengan adanya tanda pengenal ID card, seseorang akan jauh lebih mudah untuk bisa mengenali orang lain atau sebaliknya. Secara umum ID card berisi nama, nomor identitas dan jabatan atau status, nomor yang bisa dihubungi dan sebagainya.

Dengan perannya sebagai tanda pengenal atau pemberi informasi identitas diri seseorang, biasanya ID card dipakai untuk beberapa kepentingan seperti:

  • Tanda pengenal status kewarganegaraan yang biasanya dibuat dalam bentuk KTP atau paspor
  • Tanda pengenal bahwa seseorang diperbolehkan mengendarai kendaraan karena sudah memiliki izin yang dimuat dalam bentuk SIM
  • Kartu membership di gym center, game center atau shopping center
  • Kartu debit atau kartu kredit untuk keperluan transaksi
  • Pengenal status dan jabatan di kantor
  • Bukti kepengurusan dalam organisasi atau kepanitiaan
  • Kartu pers
  • Kartu pengunjung hotel, dan sebagainya

Baca juga : Situs Penghasil Uang

Standar Ukuran ID Card Yang Bisa Dipilih Sesuai Pekerjaan

Standarisasi ID card pada berbagai negara tentu saja berbeda. Untuk di Indonesia, biasanya ukuran ID card secara umum dengan ketentuan sebagai berikut :

  • ID card KTP
Standar Ukuran ID Card yang Bisa Dipilih sesuai Pekerjaan KTP

Standar ukuran ID card untuk KTP atau e-KTP sudah ditetapkan dengan ukuran panjang dan lebar 85,66 mm x 53,98 mm atau 8,56 cm x 53,98 cm. Ukuran ini merupakan ukuran baku sejak zaman dahulu dan tidak akan ada perubahan.

ID card ini dari segi bentuk juga sangat aman untuk digenggam, dan juga memiliki pinggiran yang berbentuk membulat dan tidak lancip sehingga digenggam pun sangat nyaman.

  • ID untuk name tag dada dan jepit

Name tag pada hakikatnya memiliki ukuran yang berbeda – beda. Ada name tag dengan ukuran besar, ukuran id card dalam pixel dan ada juga name tag dengan ukuran kecil.

Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan ketentuan pada masing – masing pihak. Ukuran untuk ID card name tag yang paling sering digunakan yaitu panjang x lebar dengan pilihan berikut ini :

  1. Panjang x lebar = 5,8 cm x 8,6 cm
  2. = 8,1 cm x 11,2 cm
  3. Panjang x lebar = 9,5 cm x 11,9 cm
  4. = 9,7 cm x 13,7 cm
  • ID card kepanitiaan

Ketika Anda sedang menjalankan suatu event, akan ada ID card kepanitiaan. Ukuran ID card jenis ini biasanya dibuat di photoshop dengan menggunakan kertas dengan ukuran B1, B2, B3, B4 dan ukuran ID card B5 dengan beberapa pilihan ukuran panjang x lebar.

Secara umum ukuran untuk ID card kepanitiaan sebagai berikut :

  1. 8,1 cm x 11,2 cm
  2. 9,5 cm x 11,9 cm
  • ID card PNS

Jika Anda merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil atau pegawai lembaga resmi pemerintahan, Anda juga akan menggunakan ID card resmi selama bekerja. ID card yang biasanya digunakan untuk PNS sebagai tanda pengenal dengan ukuran 54 mm x 86 mm atau 5,4 cm x 8,6 cm.

Standar Ukuran ID Card Yang Bisa Dipilih Bagi Banyak Negara

Sementara secara global, sesuai dengan yang diatur oleh ISO (International Organization for Standards), telah ditetapkan sebanyak empat ukuran ID Card resmi yang diakui meliputi :

  • ID card A1

Ukuran 1 biasanya dijadikan patokan utama dari kartu identitas. Ukurannya 8,5 cm x 53,9 cm yang dipakai secara global sebagai ukuran untuk ID card KTP, SIM, kartu debit, kartu kredit dan juga kartu kesehatan.

  • ID card A2

Ukuran kartu identitas dua biasanya memiliki ukuran secara global sebesar 10,5 cm x ,4 cm. Hanya saja sekarang ini sudah sangat jarang negara yang menggunakan ukuran ID card 2 yang ditetapkan standarnya oleh ISO ini sebagai kartu identitas bagi warga negaranya.

  • ID card A3

Dimensi kertas yang digunakan adalah 12,5 cm x 8,8 cm dan ukuran ini biasa digunakan untuk membuat ID card untuk keperluan visa dan juga paspor pada berbagai negara.

  • ID card A4

ID card 4 memiliki ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan tiga ukuran ID card lainnya pada standar baku global yang sudah disebutkan sebelumnya. Dimensi ID card 4 ini hanya 1,5 cm x 2,5 cm saja.

Biasanya digunakan untuk SIM card pada handphone yang bahkan digunakan di negara kita.

Baca juga : Cek Kuota Smartfren

Jenis Bahan Untuk Pembuatan ID Card Yang Bisa Dipilih

Pada masing – masing ID card, biasanya dibuat dengan penggunaan bahan yang berbeda. Secara garis besar terdapat dua jenis bahan yang biasanya dijadikan sebagai bahan untuk digunakan dalam pembuatan ID card.

Kedua jenis bahan untuk ID Card tersebut meliputi :

  • Bahan PVC untuk ID card

Jenis bahan PVC untuk pembuatan ID card dikenal memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Bahan PVC juga memiliki tingkat kelenturan yang hampir mendekati sempurna.

Biasanya ID card dengan bahan PVC cukup tebal sehingga tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Banyak ID card yang menggunakan bahan ini. Bahan PVC sendiri merupakan bahan kartu terbaik yang terdiri atas beberapa lapisan.  Lapisan paling atas digunakan untuk mencetak identitas yang tertera pada ID card tersebut.

Kemudian juga ada divisi yang akan digunakan untuk menempelkan identitas dan bersifat transparan.

  • Bahan art paper untuk ID card

Art paper merupakan bahan ID card yang memiliki ketebalan atau gramasi sebesar 300an. Art paper sesuai namanya terbuat dari kertas sehingga karena terbuat dari kertas, potensi kerusakan dari ID card dengan bahan art paper sangat besar.

Jadi jika Anda butuh ID card tahan lama tidak dianjurkan menggunakan bahan art paper. Melainkan lebih dianjurkan menggunakan bahan sebelumnya yaitu PVC yang lebih tebal dengan beberapa lapisan dan pastinya tahan lama.

Penutup

Jadi bagi Anda yang akan membuat design ID Card untuk berbagai keperluan, banyak aspek yang Anda harus perhatikan. Selain memperhatikan ukuran ID Card yang harus disesuaikan dengan fungsionalitas ID card yang akan Anda cetak, Anda juga harus memilih bahan ID card yang sesuai.

Jangan salah pilih dan jangan sampai salah cetak.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Rate this post